Foto Ilustrasi Flickr

Asmarainjogja.id-Ini adalah artikel bagaimana cara menulis berita perjalanan dengan sangat mudah, yaitu dari foto. Menulis berita perjalanan bagi seorang penulis pemula itu “katanya” sulit amat.

Sulit, kalau belum menemukan cara bagaimana untuk memulai menuliskannya. Padahal, sudah  mengunjungi objek wisata, sudah mengambil foto, lalu mencari informasi melalui artikel yang berseliweran di google, tapi tetap juga tidak ada ide untuk menuliskannya.

Sahabat muda, ini tips menulis berita perjalanan tidak jadi patokan, tapi cukup ampuh untuk mengawali menulis, dan menceritakan kepada pembaca melalui liputan berita perjalanan. Dan cara ini juga sering saya lakukan saat mati ide untuk mengerjakan artikel perjalanan di Asmara In Jogja.

Jadi, begini sahabat muda, kalau saya ke tempat objek wisata, mata saya liar ke mana-mana, dan tidak pernah tenang duduk di objek wisata itu. Selalu berjalan menikmati objek wisata sambil membidik objek di sekitar wisata dengan kamera.

Itu saya lakukan saat mulai memasuki area lokasi wisata, sampai pulang. Tak hanya mengambil foto saja, saya kerap kali mengobrol dengan warga setempat, petugas objek wisata, pedagang yang berjualan di sana, juga sesama pengunjung.

Mengobrol seperti itu untuk menggali informasi objek wisata yang akan saya tulis nanti sampai di rumah. Karena saya orangnya pelupa, maka sering juga menuliskan beberapa kalimat penting dari orang-orang yang saya ajak bicara tadi di buku kecil, atau juga di hape.

Nah, sampai di rumah otak saya pun terkadang blank, mati ide, terutama objek wisata yang tidak terlalu berkesan di hati saya. Karena saya menulis berita perjalanan itu hampir semuanya saya senangi, tapi ya begitu, harapan juga terkadang tidak sesuai dengan kenyataan saat tiba di objek wisata.

Lalu bagaimana  menyiasati agar tulisan berita perjalanan tetap harus di-posting?

Caranya adalah melihat album foto di objek wisata yang mau ditulis. Saya amati perlahan foto-foto indah tersebut, mulai dari foto pertama sampai foto yang terakhir, sembari mengingat saat saya berada di objek wisata itu.

Setelah semua itu saya lakukan, maka ide untuk menuliskan bermunculan, bagaimana mengawali penulisan, alinea pembuka apa yang harus ditulis, dan tema apa yang menjadi berita perjalanan tersebut.

Biasanya penulis pemula kesulitan saat menulis alinea pertama, jadi solusinya coba lihat lagi foto perjalanan dan rasakan kembali di objek wisata tersebut, lalu mulai mengetikkannya di layar komputer.

Dan satu lagi, jangan pernah lupa untuk mengambil foto papan informasi objek wisata, karena di situ banyak terdapat informasi yang bisa dijadikan tambahan berita perjalanan sahabat muda. Selain itu juga harus ramah, senang  mengobrol dengan orang-orang di sekitar objek wisata.

Oke, begitu dulu tips menulisnya sahabat muda, nanti jika ada tips menulis lainnya akan saya posting segera. Oh ya, satu lagi jika tips menulis ini bermanfaat, silahkan beritahu sahabat lainnya, khususnya yang hobi menuliskan berita perjalanan, agar dia juga bisa terbantu dengan artikel ini. Terima kasih.

Penulis: Asmara Dewo

Baca juga: Penulis yang Menunggu dan Penulis yang Mencari, Kamu Penulis yang Mana?

Kursus Menulis Artikel Online





Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas