Candi Barong atau Candi Sari Suragedug | Foto AIJ

Asmarainjogja.id-Hamparan hijau persawahan yang bertingkat memesona kami saat ingin menaiki teras kedua candi. Di perbukitan Batur Agung ini berdiri elok nan megah Candi Barong di tengah kehijauan alam. Disebut pula candi tersebut untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri sebagai dewi kesuburan oleh umat beragama Hindu pada masa itu.

Candi Barong menghadap ke barat, dengan bangunannya menjorok jauh ke timur. Sehingga teras kedua tampak begitu luas sekali. Tidak seperti candi pada umumnya, Candi Barong merupakan bangunan punden berundak, yaitu bangunan yang tersusun bertingkat untuk tempat memuja roh nenek moyang di zaman megalitikum atau zaman batu besar.

Pada teras pertama dan kedua tidak ada apa-apa, hanya lapangan luas terbentang. Di teras ketiga lah tempat candi cantik itu dihiasi kepala kala di setiap relung dinding. Selain itu  juga ada relief gana, raksasa kerdil tampak memikul sesuatu, sebagai perwujudan Dewa Siwa menambah keelokan candi ini. Karena kala yang berbentuk barong itu pula warga sekitar menamai Candi Barong, padahal nama sebenarnya Candi Sari Suragedug. 

Candi BarongCandi Barong merupakan bangunan punden berundak | Foto AIJ

Di bangun sekitar abad ke-9 sampai ke-10, lalu ditemukan lagi candi ini di awal abad ke-20, tahun 1923 dalam keadaan runtuh oleh seorang Belanda. Dan kemudian di tahun 1987 dimulai pemugaran, sampai pada tahun 1992.

Candi Barong atau Candi Sari Suragedug ini terletak di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Di bagian timur Yogyakarta ini cukup terkenal dengan situs sejarahnya. Adalah tepat bagi kamu yang suka bertualang ke candi-candi. Selain Istana Ratu Boko yang terdekat, tak jauh dari sini juga ada Candi Ijo, yang bangunannya juga punden berundak.

Jika semakin senja di sini, eksotis jingga menjemput malam yang berpadu dengan Candi Barong tentu akan menjadi penutup keindahan liburan kamu. Kami sendiri belum sempat menyaksikan matahari tenggelam dari sini, karena harus berpindah ke objek wisata lain. Namun, dari beberapa foto yang bertebaran di internet, cukup membuktikan menatap sunset di Candi Barong adalah pilihan alternatif yang tepat.

Candi barong Gapura yang menghubungkan teras kedua dan ketiga Candi Barong | Foto AIJ

Biaya tiket masuk ke Candi Barong hanya Rp 2.000, dan untuk pakir kendaraan sama seperti pada umumnya. Kalau kami menuju ke sini melalui Candi Prambanan, di tugu perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, ada gang yang berada di arah Selatan. Lalu terus memasuki jalan tersebut, sampai melewati rel kereta api, persawahan warga, menanjaki perbukitan, dan akhirnya sampai ke Candi Barong.

Dijamin nggak tersesat kalau kamu mau ke sini, yang penting tanya warga, Guys! Ada banyak objek wisata di daerah sini, Tebing Breksi yang lagi populer di Yogyakarta juga tidak jauh dari Candi Barong. Atau memburu situs bersejarah lainnya, seperti  Arca Gupolo, juga dekat.[] 

Penulis:  Asmara Dewo 

Baca juga:  Kemegahan Puzzle dan Cantiknya Candi Kalasan bagi Peminat Fotograpi 

Bagi Kaum Pemburu Candi, Sudah Pernah ke Candi Ijo Belum? 

Arca Gupolo, Arca Tanpa Kepala dalam Kesunyiannya

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas