Dapur yang bersih (ilustrasi) | Gayuh Budi Utomo, Flickr

Asmarainjogja.id-Hai, sahabat muda yang suka memasak, tapi bingung jika dapur kamu sudah kotor dan berantakan.

Tenang, berikut ini beberapa tips mudah membersihkan dapur.

Dijamin dapur kamu akan kembali bersih dan nyaman seperti semula, walau sudah digunakan memasak berbagai menu.

Panci  Foto Ady harian, Flickr

Panci

 

Panci adalah salah satu benda wajib yang ada di hampir setiap dapur. Benda ini biasa berbentuk tabung supaya bisa menampung masakan berkuah atau sekadar masak air. Jika kita memasak sesuatu dan lupa mematikan kompor, makanan akan gosong. Panci jadi susah dibersihkan. Cara mudah membersihkan panci yang gosong adalah dengan mengeluarkan isinya. Masukan air bersih dan panaskan kembali di atas kompor. Kerak yang menempel di dasar panci akan mengelupas saat direbus.

Setelah itu cuci seperti biasa dengan sabun. Untuk membersihkan kerak di luar panci pun tak kalah mudah. Sahabat hanya perlu menaburkan garam kasar atau ampas kopi jika ada, gosok dengan spons kering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Pasti panci akan terlihat selalu baru.

Blender  Foto via Flickr 

Blender

 

Mencuci gelas blender memang tidak mudah. Apalagi ada mata pisau di dalamnya. Salah-salah tangan kita bisa terluka saat mencucinya. Tapi tenang dulu! Cara mencuci gelas blender dengan mudah adalah dengan mengisi gelasnya dengan air. Tambahkan beberapa tetes sabun pencuci piring, pasang kembali pada motoran blender dan putar.

Biarkan berputar beberapa saat dan hentikan putaran. Lepas dan bilas dengan air bersih.

Tempat Cuci Piring  Foto Modena

Tempat cuci piring 

Tempat cuci piring tentu mudah kotor karena minyak, lemak, dan semua kotoran akan menempel. Tapi kamu tidak perlu cemas! Membersihkannya sangatlah mudah. Tuangkan cuka masak pada bak pencuci piring, diamkan sesaat. Bilas dengan air mengalir dan bak pencuci piring pun akan selalu berkilau.

Jika saluran air keluar mampet. Kamu bisa menyiramkan Bleach (Baiklin) ke dalam pipa pembuangan. Lalu siram dengan air panas yang banyak. Diamkan beberapa saat sampai air mengering dan pipa tidak mampet lagi. 

Mengepel lantaiMengepel lantai dapur | Foto via Orenovasi

Terakhir adalah cara membersihkan lantai dapur dari minyak. Seringkali cipratan minyak membuat lantai dapur licin. Untuk membersihkannya tidak cukup dengan menggunakan sabun lantai.

Caranya adalah teteskan langsung sabun pencuci piring. Lap dengan kain pel basah, ulangi sampai busanya hilang. Lantai dapur akan kembali bersih seperti sedia kala. Jadi jangan takut untuk masak sendiri ya, sahabat muda.

Happy cooking!wink

Penulis: Arwen Chandra Tatiano 

Baca juga:  Pentingkah Pintar Memasak bagi Wanita?

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube








Custom Search