Candi Gebang yang mungil nan menawan | Foto AIJ

Asmarainjogja.id-Matahari mulai tumbang di langit barat, Candi Gebang pun berbayang di arah timur. Di tengah taman hijau ia tampak mungil sendiri tanpa candi perwara di sisinya, tunggal tertancap di Dusun Gebang, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Hawa segar dan sejuk ramah menyambut pengunjung, ada beberapa pengunjung yang datang ke sana bersamaan dengan saya. Seperti objek wisata lainnya, candi selalu jadi primadona dijadikan latar belakang fotograpi bagi pengunjung. Sebagian pengunjung cukup bersantai ria menikmati sore itu  sembari menatap keelokan si mungil di taman hijau yang begitu menawan.

Candi GebangCandi Gebang dalam kerumunan hijau | Foto AIJ

Tidak seperti candi lainnya yang ada di Yogyakarta, Candi Gebang jika diamati, cukup unik untuk dibicarakan. Sayangnya arca-arca yang seharusnya menempel di relung candi tidak ada lagi. Hanya ada dua arca yang masih ada di relung candi yaitu arca ganesha di sebelah barat, sedangkan arca Nadiswara di utara, sebelah kanan pintu masuk.

Biasanya kalau ada arca Ganesa, ada juga arca Agastya atau Syiwa Maha Guru, dan arca Durga Mahisasuramardini, seperti di Candi Sambi Sari. Sebab menurut keyakinan agama  Hindu, ganesha adalah anak dari dewa dan dewi tersebut.

Candi GebangDalam gemulai Candi Gebang | Foto AIJ

Candi biasanya ada tangganya, namun di Candi Gebang tidak ada. Mungkin sengaja dibangun pada masa  itu agar  orang-orang tertentu saja masuk, dan masuknya menggunakan tangga dari kayu. Di dalam candi ada yoni, hanya saja pasangannya yang selalu mendampinginya lingga sudah tidak ada lagi.

Nah, keunikan yang lain juga pada atap candi, walaupun Candi Gebang beraliran Hindu, namun di atap candi terdapat arca kepala budha di setiap sisinya. Dan  juga tepat di bagian puncaknya seperti memakai  topi, persis  Candi Bima di Dieng Kulon.  Jadi bisa disimpulkan Candi Gebang adalah candi yang bercorak Hindu dan Budha. Hiasan kala makara juga masih menampakkan keindahan sekaligus kegarangannya di atas relung candi. 

Candi Gebang tampak dari depan membelakangi matahari yang akan tenggelam | Foto AIJCandi Gebang tampak dari depan membelakangi matahari yang akan tenggelam | Foto AIJ

Tidak ada bukti tertulis saat penemuan candi ini, oleh sebab itu warga menamainya Candi Gebang, sesuai dengan nama dusun ini. Pertama kali candi ini ditemukan oleh seorang warga di tahun 1936, dan kemudian pada tahun 1937 diadakan pemugaran oleh Oudheid Dienst atau Dinas Purbakala pada jaman Kolonialisme Belanda, dipimpin oleh Prof. Dr. Van Romondt dan selesai pada tahun 1939.

Kenyamanan sore saat menikmati situs sejarah yang dimilik Yogyakarta ini, agak sedikit terganggu dengan suara decit ban dan raungan knalpot mobil balap dari lapangan bola Maguwoharjo. Ya, karena  sore itu di lapangan tersebut ada latihan balap mobil. Walau begitu, inilah berpaduannya zaman, di mana masih ada peninggalan purba kala di tengah-tengah kehidupan modern sekarang.

Biaya masuk ke sini murah meriah oy… hanya Rp 2.000, khusus anak-anak Rp 1.000. Nah, kalau jomblo bayar nggak, nih? Hehhehe.. tetap bayar dong!  Dan di Candi Gebang juga tak ada biaya parkir, sebab kendaraan langsung masuk ke kompleks. Dan juga tidak ada warung atau penjual makanan di sekitar, kalau mau berkunjung bawalah dari rumah atau mampir sebentar beli bekal makanan dan minuman di luar.

Rute menuju ke sini cukup sulit, sahabat travel. Saya saja tersesat, dan mondar-mandir tanya warga. Tapi begini saja, kalau dari Jalan Ring Road Utara, menujulah ke Stadion Maguwoharjo. Nah, sampai di sana, mending tanya warga saja deh. Sulit jelaskannya, ada banyak simpang. Yang jelas Candi Gebang cukup dekat dengan stadion Maguwoharjo.[]

Penulis:  Asmara Dewo 

Asmara DewoBaca juga:  Seperti Lapangan Sepak Bola, Candi Sambi Sari cantik dari Atas 

Candi Sari yang Semakin Tua dan Memukau

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas