Candi IJo, Candi yang letaknya Tertinggi di Yogyakarta | Foto AIJ

Asmarainjogja.id-Sebuah candi yang terletak di bagian timur Yogyakarta dengan ketinggian sekitar 425 mdpl. Sebab  ketinggian itu pula,  candi ini dinobatkan sebagai candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta.

Candi yang bercorak Hindu tersebut berada di atas bukit yang disebut Gumuk IJo. Hingga akhirnya candi yang menghadap ke barat ini disebut Candi Ijo. Candi Ijo dibangun sekitar kurun waktu di abad ke-10 sampai dengan ke-11, pada zaman Kerajaan Medang, di masa Mataram Kuno.

Alam yang hijau mengelilingi candi Ijo, udara segar melegakan napas saat menghirup di area komplek candi. Sedikit terburu-buru, kaki saya menaiki tangga di depan pos penjaga. Kemudian mengisi daftar buku tamu.

“Tidak ada biaya tiket, Mas, silahkan masuk!” ucap satpam penjaga pada saya.

Yihaaa… objek wisata gratis memang seru untuk dinikmati. Keseluruhan bangunan candi ini ada enam yang berdiri megah, namun terpisah-pisah, disebut pula teras-teras berundak.   Bagian pertama terdapat candi induk yang dindingnya dihiasi relief kala makara, dan atapnya  bertingkat-tingkat tiga undakan.

Candi IjoCandi Ijo peninggalan situs sejarah yang meski kamu kunjungi! | Foto AIJ

Tepat di depan candi induk ini ada tiga candi yang menghadapnya. Kalau candi induk menghadap ke barat, tiga candi yang lebih kecil ini menghadap ke timur. Saat memasuki ruangan candi di bagian tengah, saya cukup terkejut,  kirain apa? Eh… ternyata ada patung sapi. Huhhh.. jantung saya hampir lepas. Menurut mitologi Hindu, sapi adalah kendaraan Dewa Siwa.

Pengunjung di sini cukup ramai, mereka duduk bersantai ria di teras utama bangunan candi ini menghadap matahari terbenam, sembari kakinya diayun-ayunkan. Karena cuaca tidak begitu cerah, awan kelabu menggantung di atas mega, sunset tak mau menampakkan eloknya. Padahal, dari berbagai informasi yang didapat, dan foto-foto yang terdapa di internet, candi Ijo salah satu spot indah untuk mengabadikan sunset di Yogyakarta.

Setelah mengelilingi candi di teras atas, saya pun turun dari tangga ke  teras bawah. Di sini terdapat puing-puing reruntuhan batu candi. Mungkin dulunya ada banyak candi di sini, ya karena berbagai  faktor mungkin, hanya beberapa candi sajalah yang bisa kita nikmati sekarang. Atau juga memang candi itu belum dibangun, hanya batu-batunya saja   untuk mendirikan candi lainnya. 

Di teras bawah ini ada satu candi dengan warna berbeda dengan candi lainnya, mungkin candi itu dipugar (diperbaiki). Di sekelilingnya tampak pula batu-batu candi.

Candi IjoCandi yang berbeda dari yang lainnya. Warnany saja sih  | Foto AIJ

Pemandang dari Candi Ijo juga sangat indah. Kalau cuaca bagus, selain mendapatkan sunset, juga landainya gunung Merapi yang begitu anggun dan kokoh di bagian Utara Yogyakarta, juga bisa dinikmati keindahannya dari sini. Wisshh… komplet deh serunya di Candi Ijo.

Candi Ijo ini lokasinya di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Menuju ke sini juga gampang kok, kalau dari jalan Yogyakarta-Solo, tepat di Pasar Prambanan, ikuti jalan ke Piyungan. Candi Ijo juga searah ke Istana Ratu Boko, namun beda simpang. Nanti di jalan ada petunjuknya, tinggal ikuti, dan tanya pada warga sekitar saja. 

Candi IjoKompleks Candi Ijo dikelilingi pepohonan rindang.  Bagi cewek jangan khawatir kulitnya hitam | Foto AIJ

Oh ya, di sini juga terdapat banyak candi. Ya, memang di bagian Timur Yogyakarta adalah tempatnya situs peninggalan sejarah. Kalau sudah puas di Candi Ijo, bisa juga mengunjungi Candi Barong, atau ke Istana Ratu Boko. Selamat memburu  ke candi  lainnya! 

Penulis:  Asmara Dewo 

Baca juga:  Berdamailah dengan Hati di Hutan Pinus Mangunan

Yuk, gabung di Media Sosial kami!  Google+  Fanpage  Facebook  Twitter  YouTube








Custom Search




Komentar Untuk artikel Ini (0)

Posting komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas